Health,  Soul

Are you ENTP, INTJ, or ISTJ ??

Akhir-akhir ini banyak situs-situs yang menawarkan tes gratis kepribadian dan biasanya reaksi yang ditimbulkan  setelah melakukan percobaan tes- tes seperti itu adalah “waaah.. ini aku banget” atau “aku ngga percaya deh kalau aku begitu”.

Percaya ngga sih kalian dengan tawaran tes-tes kepribadian seperti itu ?

Percaya atau tidak sebenarnya kembali lagi ke individu masing-masing, bagaimana cara mengelola hasilnya agar diterima dan dicerna baik oleh sang otak.

Pada dasarnya karakteristik dan kepribadian kita sudah terbentuk saat kita dilahirkan, namun sayangnya terkadang banyak orang yang masih kurang mengerti bagaimana cara mengelola karakter dan kepribadian tersebut. Terlebih lagi untuk kita yang mungkin sering tidak sadar dengan karakter atau kepribadian kita sendiri.

Bisa tidak ya karakter berubah ?

“BISA”

Caranya ?

“Dikelola dengan baik “

Kepribadian dan karakter seseorang erat kaitannya dengan passion yang dimiliki oleh seseorang. Ada hubungan saling ketergantungan didalamnya, contohnya orang yang memiliki sifat introvert memiliki sifat pendiam dan tidak ingin menjadi pusat perhatian biasanya kerap memiliki passion atau minat dalam menulis atau melukis, biasanya hal ini dikarenakan mereka cenderung memiliki sifat yang tenang.

Apakah kamu seorang ENTP sang pendebat, ENTJ sang komandan, atau ISFJ sang pembela? Kepribadian adalah salah satu dari banyak faktor yang memandu perilaku kita. Tindakan kita juga dipengaruhi oleh lingkungan kita, pengalaman kita, dan tujuan individu kita. Dengan memahami betul karakter kepribadian kita maka akan lebih mudah untuk mengesplorasi diri secara lebih luas tanpa batas.

Ketika sudah memahami kepribadian kita atau bahkan karakter kita, tentu dengan mudah kita bisa menempatkan diri sesuai dengan kondisinya. Seseorang yang sudah mengetahui dirinya sendiri, kekuatan dan kelemahan yang dimiliki justru akan mendatangkan kesempatan-kesempatan yang sesuai dengan kapabilitias kita masing-masing.

Yang memahami diri kita sendiri adalah diri sendiri, bukan orang lain, bukan siapa pun tetapi, semuanya merujuk kepada diri kita sendiri. Justifikasi terhadap diri sendiri dan karakter diri sendiri sangat diperlukan, dengan mengakui karakter kita bersikap jujur dengan diri sendiri adalah hal yang paling tepat untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Try checking your personality at 16personalities.com and find the results

Saya seorang ENTJ, kamu ?

-dewinta

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: